RSS

Pages


Sekolah Tinggi Ilmu Kebidanan (STIKES) Ngudi Waluyo
Program Studi DIV Kebidanan
Skripsi, Februari 2015
Ifana Safitri (030113b032)

Faktor- faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan buku KIA di Puskesmas Weleri I Kabupaten Kendal
(xv + 89 halaman + 13 tabel + 2 gambar + 7 lampiran)


ABSTRAK

Pemanfaatan buku KIA diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya ibu hamil tentang kesehatan ibu dan anak sehigga komplikasi yang mungkin terjadi dalam masa kehamilan dapat terdeteksi sedini mungkin sesuai dengan tujuan pelayanan antenatal. Namun pada kenyataannya buku pintar tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh ibu hamil yang memilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan buku KIA di Puskesmas Weleri I Kabupaten Kendal.
Penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Puskesmas Weleri I Kabupaten Kendal pada bulan Februari 2015. Populasi yang digunakan adalah semua ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di Puskesmas Weleri I Kabupaten Kendal dan menggunakan Non probability Sampling dengan teknik samping accidental sampling dengan jumlah sampel 30.  Uji analisis menggunakan chi square.
Hasil analisis univariat didapatkan sebagian besar pengetahuan ibu hamil tentang buku KIA adalah kurang yaitu 46,7 %, pendidikan sekolah Dasar yaitu 53,3 %, sebagian besar ibu hamil berpengalaman 53,3 %, sebagian besar tenaga kesehatan mendukung sejumlah 56,7 %, dan sebagian besar ibu hamil kurang memanfaatkan buku KIA yaitu sebesar 53,3 %, pada analisis bivariat didapatkan ρ value 0,01 < α 0,05 artinya terdapat hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan pemanfaatan buku KIA. ρ value 0,026 < α 0,05 artinya terdapat hubungan antara pendidikan ibu hamil dengan pemanfaatan buku KIA. ρ value 0,261 > α 0,005 artinya tidak ada hubungan antara pengalaman dengan pemanfaatan buku KIA. Dan ρ value 0,03 < α 0,05 artinya terdapat hubungan antara dukungan tenaga kesehatan dengan pemanfaatan buku KIA di Puskesmas Weleri I Kabupaten Kendal.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perlu adanya pemantauan tentang pemanfaatan buku KIA sehingga ibu hamil akan memperoleh informasi-informasi tentang kesehatan ibu dan anak dan dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak.


Kata Kunci     : Pengetahuan, pendidikan, pengalaman, dukungan tenaga kesehatan, pemanfaatan buku KIA
Kepustakaan   : 28 pustaka (1979 - 2013)

0 komentar:

Posting Komentar