SILABUS MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN
Jurusan/Prodi : Kebidanan/DIII Kebidanan
Mata Kuliah : Askeb Hamil
Kode Mata Kuliah : BD. 308
SKS : 4 (Empat)
Prasyarat : Lulus mata kuliah Biologi dasar dan
perkembangan, KDK I dan II, Konsep Kebidanan, Komunikasi dalam Praktek
Kebidanan, Etik Kolegal dalam Prakti Kebidanan, serta Mutu Layanan Kebidanan
dan Kebijakan Kesehatan.
Capaian Pembelajaran : Mampu memahami proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam
kehamilan, memahami faktor- faktor yang mempengaruhi kehamilan,
mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangana,
memahami konsep dasar asuhan kehamilan, memahami penyulit dan komplikasi
kehamilan, memberikan asuhan sesuai tahapan perkembangan kehamilan ibu,
melakukan dokumentasi asuhan kehamilan,
Standar kompetensi : Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa
mampu memahami tentang konsep kehamilan dan mampu memberikan asuhan kebidanan
kehamilan,
Capaian Perkuliahan
Kompetensi
|
Indikator
|
Materi Pokok Perkuliahan
|
Kegiatan Perkuliahan
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.
Pada akhir Perkuliahan Mahasiswa mampu :
a.
Melaksanakan asuhan sesuai dengan konsep dasar asuhan pada
ibu hamil secara komprehensif dan berkesinambungan
|
1. Mampu mendiskripsikan konsep dasar proses
kehamilan
2. Mampu menjelaskan konsep dasar asuhan
kehamilan
3. Mampu menjelaskan proses adaptasi fisiolgi
dan psikologi dalam kehamilan
4. Mampu mendiskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi kehamilan.
|
Konsep kesehatan reproduksi
meliputi:
1. Konsep dasar proses kehamilan mulai dari
konsepsi s.d perkembangan janin (review)
2. Konsep dasar asuhan kehamilan meliputi
filosofi, eika dalam asuhan kehamilan, standar pelayanan asuhan kehamilan
manajemen kebidanan dalam kehamilan
3. Proses adaptasi fisiologi dan psikologi
dalam kehamilan
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
|
1. Perkuliahan dilaksanakan dengan
pendekatatan Student Centered Learning.
2. DL
3. SGD
|
1. Presentasi dan laporan diskusi
2. portofolio
|
T : 9 jam
|
BW (1) ,
BA (8)
|
2.
Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Melakukan pengkajian
terfokus dalam kehamilan
|
1. Mampu menjelaskan tanda dan gejala
kehamilan
2. Mampu menjelaskan pemantauan pertumbuhan
dan perkembangan dan kesejahteraan janin
|
1. Tanda-tanda dan gejala kehamilan
2. Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan dan
kesejahteraan janin
|
1. SGD
2. DL
3. CL
|
Presentasi,
laporan, diskusi dan penampilan klinik
|
T : 3 jam
P : 4 jam (lab)
|
|
3.
Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Memastian kehamilan
|
Mampu
mendemonstrasikan pengkajian terfokus dan tes diagnostik dalam
masa kehamilan
|
Pengkajian
terfokus dan tes diagnostik dalam masa kehamilan
|
1. Diskusi
2. PBL
|
1. Portofolio Laporan konsep kesehatan
|
T : 2
|
|
4.
Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Menetapkan diagnosis
kehamilan dengan tepat
|
Mampu
membuat diagnosis pada kasus kehamilan
|
Diagnosa kehamilan
|
1. SGD
2. DL
3. CL
4. Simulasi Bed Side teaching
|
1. Portofolio
|
T : 3 jam
P : 3 jam
(Lab)
|
|
5.
Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
|
1. Mampu menentukan kebutuhan dasar ibu hamil
sesuai dengan tahap perkembanganya meliputi nutrisi, kebersihan, seksualitas,
bekerja didalam maupun diluar rumah
2. Mampu memberikan pada asuhan kehamilan
kunjungan awal dan ulang
|
1. Kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan
tahap perkembangan yang meliputi nutrisi, kebersihan, seksualitas, bekerja
didalam maupun diluar rumah
2. Asuhan kehamilan kunjungan awal dan ulang
|
1. SGD
2. DL
3. CL
4. Simulasi
5. Bed Side teaching
|
1. Mendiskusikan kebutuhan dasar ibu hamil
sesuai dengan tahap perkembanganya meliputi : nutrisi, oksigen, personal
Hygiene, pakaian, eliminasi, mobilisasi, body mekanik, exercise / senam
hamil, istirahat / tidur, imunisasi, travelling, seksualitas, aktivitas dalam
dan luar rumah
2. Mendiskusikan asuhan kehamilan pada
kunjungan awal dan ulang
|
T : 5 jam
P : 4 jam
(lab)
P : 2 jam
(Lahan)
|
|
6.
Pada akhir pelajaran Mahasiswa diharapkan dapat:
Memberikan pendidikan
konseling pada ibu dan keluarga sesuai kebutuhan
|
Mampu
memberikan pendidikan kesehatan dan konseling kehamilan pada, tentang :
1. Ketidaknyamanan selama kehamilan dan
antisipasinya
2. Kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan
tahap perkembanganya
|
1.
Ketidaknyamanan
selama kehamilan dan antisipasinya
2.
Kebutuhan
ibu hamil sesuai dengan tahap perkembanganya
|
1. SGD
2. DL
3. CL
4. Simulasi Bed Side Teaching
|
1. Presentasi laporan dan diskusi
2. Penampilan klinik
|
T : 3 jam
P : 4 jam
(Lab)
P : 3 jam
(Lahan)
|
|
7.
Pada akhir perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat:
Memberikan pendidikan
pada calon orangtua (parentcraft education)
|
Mampu memberikan pendidikan pada calon orangtua (parentcraft education)
|
1. Memberikan pendidikan kesehatan pada ibu
dan keluarga mengenai tanda-tanda bahaya, tehnik mengurangi ketidaknyamanan
yang lazim terjadi dalam kehamilan, persiapan persalinan, persiapan menjadi
orangtua, bimbingan antisipasi
2. Promosi dan dukungan pada ibu untuk
menyusui
|
1. SGD
2. DL
3. CL
4. Simulasi Bed Side Teaching
|
Penilaian penampilan
klinik dengan daftar tilik
|
T : 3 jam
P : 3 jam
(Lab)
P : 4 jam
(Lahan)
|
|
8.
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
Menyiapkan ibu dan
keluarga menghadapi persalinan dan antisipasi
|
Mampu memberikan konseling tentang perencanaan
dan kesiapan persalinan dan kegawatdaruratan (P4K)
|
Perencanaan
dan persiapan persalinan dan kegawatdaruratan (P4K)
|
1.
SGD
2.
DL
3.
CL
4.
Simulasi
5.
Bed
site Teaching
|
1.
Presentasi laporan hasil diskusi dan portofolio
|
T : 4 jam
P : 3 jam
(Lab)
P : 1 jam
(Lahan)
|
|
9.
Pada akhir perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat :
Memantau perkembangan
kehamilan
|
Mampu melakukan pemantauan perkembangan normal
kehamilan dengan menggunakan buku KIA
|
Perkembangan normal kehamilan dengan menggunakan
buku KIA
|
1.
SGD
2.
DL
3.
CL
4.
Simulasi
5.
Bed
site Teaching
|
1. Presentasi
laporan hasil diskusi
2. Portofolio
3. Penampilan
klinik
|
T : 4 Jam
P: 3 jam
(Lab)
P: 1 jam
(Lahan)
|
|
10. Pada akhir
perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat :
Mendeteksi dini
penyimpangan kehamilan normal
|
Mampu melakukan deteksi dini terhadap komplikasi
/ penyulit pada ibu dan janin
|
1.
Deteksi dini terhadap komplikasi / penyulit pada ibu :
a.
Ukuran panggul dalam
b.
Pembesaran uterus
c.
Status nutrisi ibu hamil
d.
Tanda dan bahaya kehamilan (TM I,II dan III)
2.
Deteksi dini terhadap komplikasi janin
3.
Diagnosis pada komplikasi / kelainan pada ibu dan janin
4.
Rencana tindakan pada kelainan / komplikasi pada ibu
dan janin melalui kolaborasi dengan tim work
5.
Rencana tindakan pada kelaianan/ komplikasi pada ibu
dan janin melalui rujukan
|
1.
SGD
2.
DL
3.
CL
4.
Simulasi
5.
Bed
site Teaching
|
1. Presentasi
laporan hasil diskusi
2.
Portofolio
3.
Penampilan klinik
|
T : 4 Jam
P: 3 jam
(Lab)
P: 3 jam
(Lahan)
|
|
11. Mendokumentasikan
hasil temuan dan asuhan yang sudah dilakukan serta yang memerlukan pemantauan
lanjutan
|
Mampu membuat dokumentasi asuhan kehamilan
|
Dokumentasi asuhan kehamilan
|
1.
SGD
2.
DL
3.
CL
4.
Simulasi
5.
Bed
site Teaching
|
1. Presentasi
laporan hasil diskusi
2.
Portofolio
|
T : 4 Jam
P: 3 jam
(Lab)
P: 3 jam
(Lahan)
|
|
Sumber Pustaka :
1. Seller, P.Mc (1993).Midwefery, vol 1-2, edisi
1. Juta& Co Ltd, Cape Town
2. Saifuddin A.B. et.al (2000). Buku Acuan Nasional
Pelayanan Kesehatan. YBPSP, Jakarta
3. Saifuddin A.B. dkk (2002) Buku Panduan Praktis
Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal, YBPSP Jakarta
4. Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO (2001) Buku 2: Antenatal.
MNH, Jakarta
5. Nolan, M. (2002). Education and support for Parenting:
A Guid For Health Professional. Hartcourt Publishers Limited, London
6. Varney, H (1997) Varbey’s Midwifery, Tird Edition.
Jones and Bartlet Publishers, Sudbury Englan.
7. Modul Making Pregnancy Saver
8. Winjosastro (1997). Ilmu Kebidanan. YBPSP, UI, Jakarta
9. Kementrian
Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Pedoman Program Perencanaan Persalinan
dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker. Jakarta : Depkes. RI.
Dosen Pengampu
0 komentar:
Posting Komentar