RSS

Pages

Silabus Askeb Kehamilan Terbaru

SILABUS MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN KEHAMILAN
Jurusan/Prodi                  : Kebidanan/DIII Kebidanan
Mata Kuliah                     : Askeb Hamil
Kode Mata Kuliah           : BD. 308
SKS                                   : 4 (Empat)
Deskripsi Mata Kuliah    :  Mata kuliah ini mberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil normal dengan memperhatikan aspek budaya yang didasari konsep-konsep, sikap dan keterampilan serta hasil evidence based dalam praktik antenatal promotif, deteksi dini komplikasi serta pendokumentasianya.
Prasyarat                          : Lulus mata kuliah Biologi dasar dan perkembangan, KDK I dan II, Konsep Kebidanan, Komunikasi dalam Praktek Kebidanan, Etik Kolegal dalam Prakti Kebidanan, serta Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan.
Capaian Pembelajaran   : Mampu memahami proses adaptasi, fisiologi, dan psikologi dalam kehamilan, memahami faktor- faktor yang mempengaruhi kehamilan, mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangana, memahami konsep dasar asuhan kehamilan, memahami penyulit dan komplikasi kehamilan, memberikan asuhan sesuai tahapan perkembangan kehamilan ibu, melakukan dokumentasi asuhan kehamilan,
Standar kompetensi         : Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami tentang konsep kehamilan dan mampu memberikan asuhan kebidanan kehamilan,

Capaian Perkuliahan Kompetensi
Indikator
Materi Pokok Perkuliahan
Kegiatan Perkuliahan
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.  Pada akhir Perkuliahan Mahasiswa mampu :
a.    Melaksanakan asuhan sesuai dengan konsep dasar asuhan pada ibu hamil secara komprehensif dan berkesinambungan
1. Mampu mendiskripsikan konsep dasar proses kehamilan
2. Mampu menjelaskan konsep dasar asuhan kehamilan
3. Mampu menjelaskan proses adaptasi fisiolgi dan psikologi dalam kehamilan
4. Mampu mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan.

Konsep kesehatan reproduksi meliputi:
1. Konsep dasar proses kehamilan mulai dari konsepsi s.d perkembangan janin (review)
2. Konsep dasar asuhan kehamilan meliputi filosofi, eika dalam asuhan kehamilan, standar pelayanan asuhan kehamilan manajemen kebidanan dalam kehamilan
3. Proses adaptasi fisiologi dan psikologi dalam kehamilan
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan
1.  Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatatan Student Centered Learning.
2.  DL
3.  SGD
1.  Presentasi dan laporan diskusi
2.  portofolio
T : 9 jam
BW (1) ,
BA (8)
2.  Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Melakukan pengkajian terfokus dalam kehamilan
1. Mampu menjelaskan tanda dan gejala kehamilan
2. Mampu menjelaskan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan dan kesejahteraan janin
1.    Tanda-tanda dan gejala kehamilan
2.    Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan dan kesejahteraan janin
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
Presentasi, laporan, diskusi dan penampilan klinik
T : 3 jam
P : 4 jam (lab)

3.  Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Memastian kehamilan
Mampu mendemonstrasikan pengkajian terfokus dan tes diagnostik dalam masa kehamilan
Pengkajian terfokus dan tes diagnostik dalam masa kehamilan
1.    Diskusi
2.    PBL
1.  Portofolio Laporan konsep kesehatan
T : 2

4.  Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :
Menetapkan diagnosis kehamilan dengan tepat
Mampu membuat diagnosis pada kasus kehamilan
Diagnosa kehamilan
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi Bed Side teaching
1.  Portofolio
T : 3 jam
P : 3 jam (Lab)

5.  Pada akhir Perkuliahan mahasiswa mampu :

1. Mampu menentukan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembanganya meliputi nutrisi, kebersihan, seksualitas, bekerja didalam maupun diluar rumah
2. Mampu memberikan pada asuhan kehamilan kunjungan awal dan ulang
1.    Kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangan yang meliputi nutrisi, kebersihan, seksualitas, bekerja didalam maupun diluar rumah
2.    Asuhan kehamilan kunjungan awal dan ulang
1.  SGD
2.  DL
3.  CL
4.  Simulasi
5.  Bed Side teaching
1. Mendiskusikan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembanganya meliputi : nutrisi, oksigen, personal Hygiene, pakaian, eliminasi, mobilisasi, body mekanik, exercise / senam hamil, istirahat / tidur, imunisasi, travelling, seksualitas, aktivitas dalam dan luar rumah
2. Mendiskusikan asuhan kehamilan pada kunjungan awal dan ulang
T : 5 jam
P : 4 jam (lab)
P : 2 jam (Lahan)

6.    Pada akhir pelajaran Mahasiswa diharapkan dapat:
Memberikan pendidikan konseling pada ibu dan keluarga sesuai kebutuhan
Mampu memberikan pendidikan kesehatan dan konseling kehamilan pada, tentang :
1. Ketidaknyamanan selama kehamilan dan antisipasinya
2. Kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembanganya
1.    Ketidaknyamanan selama kehamilan dan antisipasinya
2.    Kebutuhan ibu hamil sesuai dengan tahap perkembanganya
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi Bed Side Teaching
1.  Presentasi laporan dan diskusi
2.  Penampilan klinik
T : 3 jam
P : 4 jam (Lab)
P : 3 jam
(Lahan)

7.    Pada akhir perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat:
Memberikan pendidikan pada calon orangtua (parentcraft education)
Mampu memberikan pendidikan pada calon orangtua (parentcraft education)
1.    Memberikan pendidikan kesehatan pada ibu dan keluarga mengenai tanda-tanda bahaya, tehnik mengurangi ketidaknyamanan yang lazim terjadi dalam kehamilan, persiapan persalinan, persiapan menjadi orangtua, bimbingan antisipasi
2.    Promosi dan dukungan pada ibu untuk menyusui
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi Bed Side Teaching
Penilaian penampilan klinik dengan daftar tilik
T : 3 jam
P : 3 jam (Lab)
P : 4 jam (Lahan)

8.    Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat :
Menyiapkan ibu dan keluarga menghadapi persalinan dan antisipasi
Mampu memberikan konseling tentang perencanaan dan kesiapan persalinan dan kegawatdaruratan (P4K)
Perencanaan dan persiapan persalinan dan kegawatdaruratan (P4K)
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi
5.    Bed site Teaching
1.  Presentasi laporan hasil diskusi dan portofolio
T : 4 jam
P : 3 jam (Lab)
P : 1 jam (Lahan)

9.    Pada akhir perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat :
Memantau perkembangan kehamilan
Mampu melakukan pemantauan perkembangan normal kehamilan dengan menggunakan buku KIA
Perkembangan normal kehamilan dengan menggunakan buku KIA
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi
5.    Bed site Teaching
1.  Presentasi laporan hasil diskusi
2.  Portofolio
3.  Penampilan klinik
T : 4 Jam
P: 3 jam (Lab)
P: 1 jam (Lahan)

10. Pada akhir perkuliahan Mahasiswa diharapkan dapat :
Mendeteksi dini penyimpangan kehamilan normal
Mampu melakukan deteksi dini terhadap komplikasi / penyulit pada ibu dan janin
1.     Deteksi dini terhadap komplikasi / penyulit pada ibu :
a.    Ukuran panggul dalam
b.    Pembesaran uterus
c.    Status nutrisi ibu hamil
d.   Tanda dan bahaya kehamilan (TM I,II dan III)
2.     Deteksi dini terhadap komplikasi janin
3.     Diagnosis pada komplikasi / kelainan pada ibu dan janin
4.     Rencana tindakan pada kelainan / komplikasi pada ibu dan janin melalui kolaborasi dengan tim work
5.     Rencana tindakan pada kelaianan/ komplikasi pada ibu dan janin melalui rujukan
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi
5.    Bed site Teaching
1. Presentasi laporan hasil diskusi
2. Portofolio
3. Penampilan klinik
T : 4 Jam
P: 3 jam (Lab)
P: 3 jam (Lahan)

11. Mendokumentasikan hasil temuan dan asuhan yang sudah dilakukan serta yang memerlukan pemantauan lanjutan
Mampu membuat dokumentasi asuhan kehamilan
Dokumentasi asuhan kehamilan
1.    SGD
2.    DL
3.    CL
4.    Simulasi
5.    Bed site Teaching
1. Presentasi laporan hasil diskusi
2. Portofolio

T : 4 Jam
P: 3 jam (Lab)
P: 3 jam (Lahan)





Sumber Pustaka :

1.    Seller, P.Mc (1993).Midwefery, vol 1-2, edisi 1. Juta& Co Ltd, Cape Town

2.    Saifuddin A.B. et.al (2000). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan. YBPSP, Jakarta

3.    Saifuddin A.B. dkk (2002) Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal, YBPSP Jakarta

4.    Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO (2001) Buku 2: Antenatal. MNH, Jakarta

5.    Nolan, M. (2002). Education and support for Parenting: A Guid For Health Professional. Hartcourt Publishers Limited, London

6.    Varney, H (1997) Varbey’s Midwifery, Tird Edition. Jones and Bartlet Publishers, Sudbury Englan.

7.    Modul Making Pregnancy Saver

8.    Winjosastro (1997). Ilmu Kebidanan. YBPSP, UI, Jakarta

9.    Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Pedoman Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker. Jakarta : Depkes. RI.

Dosen Pengampu


       ( Ifana S

0 komentar:

Posting Komentar