RSS

Pages

Peran dan Fungsi Pembimbing Klinik

Clinical Instructure

  1. Pengertian
Pembimbing Klinik/Clinical Instructure adalah perawat yang terpilih, perawat yang ahli dalam praktik klinik, bertugas untuk membimbing dan mengarahkan peserta didik selama proses pembelajaran di lahan praktik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dibuat.

Pembelajaran Klinik Keperawatan adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam tatanan nyata. Pengalaman belajar klinik adalah suatu bentuk pengalaman belajar yang diperoleh peserta didik melalui kesempatan melatih diri dalam melaksanakan praktik keperawatan profesional dalam tatanan nyata.
  1. Peran Fungsi dan Tanggung Jawab
a.   Peran fungsi pembimbing klinik sebagai berikut:
1)      Sebagai agen pembaharu (Change Agent)
Seorang pembimbing klinik diharapkan mampu mengadakan perubahan-perubahan yang mengarah kepada pembaharuan dan peningkatan mutu bimbingan terhadap peserta didik, yang pada akhirnya akan memberi dampak pada mutu pelayanan dan asuhan keperawatan serta perkembangan profesi keperawatan.
2)      Sebagai nara sumber
Pembimbing klinik senantiasa menjadi tempat bertanya dan tempat menemukan jawaban bagi peserta didik saat mengalami kesulitan selama proses pembelajaran di lahan praktik.
3)      Sebagai manajer (Pengelola)
Dalam perannya sebagai manajer, pembimbing klinik hendaknya mampu mengelola lingkungan dan fasilitas di lahan praktik yang dapat mamfasilitasi peserta didik melaksanakan praktik klnik sehingga dapat mencapai pengalaman belajar klinik secara optimal sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu pembimbing klinik juga harus mampu membimbing dan memberi pengarahan kepada peserta didik sehingga secara bertahap mengurangi ketergantungan peserta didik pada pembimbing serta dapat belajar lebih efektif dan efisiensi.
4)      Sebagai mediator dan fasilitator
Sebagai mediator, pembimbing klinik diharapkan dapat menjadi perantara dalam hubungan antar manusia. Untuk itu pembimbing klinik harus terampil mempergunakan pengetahuan tentang bagaimana orang berinteraksi dan berkomunikasi.
Sebagai fasilitator, pembimbing klinik hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar yang bermanfaat serta dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran di lahan praktik.
5)      Sebagai demonstrator
Pembimbing klinik hendaknya senantiasa menguasai bahan/materi, prosedur/perasat yang akan diajarkan kepada peserta didik, selain itu secara terus menerus mengikuti perkembangan IPTEK terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan keperawatan.
6)      Sebagai evaluator
Pembimbing klinik diharapkan mampu memberikan penilaian kepada peserta didik baik selama proses pembelajaran klinik maupun pada akhir praktik. Pembimbing klinik hendaknya mengevaluasi apakah tujuan praktik telah dicapai, apakah ketrampilan yang telah dilakukan benar-benar dikuasai, apakah metode bimbingan telah sesuai. Informasi yang diperoleh melalui evaluasi ini akan merupakan umpan balik terhadap proses pembelajaran klinik selanjutnya.
b.  Tanggung Jawab Pembimbing Klinik
Dalam rangka melaksanakan peran-peran tersebut, pembimbing klinik memiliki beberapa tugas/tanggung jawab sebagai berikut:
1)      Membina hubungan yang baik dengan kepala dan staf perawatan lahan praktik serta profesi lain
2)      Berperan serta dalam pertemuan tim kesehatan yang ada di lahan praktik
3)      Merancang mitra/perawat untuk magang peserta didik
4)      Memberikan penugasan tertulis/tidak tertulis yang berkaitan dengan masalah klinik
5)      Melaksanakan komunikasi yang terapeutik baik terhadap peserta didik, pasien maupun dengan staf dan profesi lain
6)      Memberi kesempatan sukses bagi peserta didik
7)      Mengidentifikasi populasi pasien untuk pembelajaran
8)      Menentukan tempat untuk konferensi klinik
9)      Mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik
10)  Mengorientasi peserta didik
11)  Menyeleksi pengalaman belajar klinik
12)  Mendemonstrasikan kemampuan profesional
13)  Berkomunikasi dengan staf klinik
14)  Mendampingi peserta didik selam praktik klinik, memberikan motivasi
15)  Memfasilitasi proses pembelajaran

16)  Menilai pengalaman pembelajaran klnik peserta didik sesuai dengan lembar evaluasi yang tersedia
semoga bermanfaat ^_^

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon izin meng-copy mba. Terimakasih banyak, sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

mbak gak ada dapusnya ya

Posting Komentar