RSS

Pages

Pengertian Hypnobirthing


Hypnobirthing berasal dari kata hypnos berarti tidur, merupakan penggalan dari kata hypnosis/hypnotism, yaitu komunikasi pikiran bawah sadar. Birthing berarti melahirkan.
Meski demikian, hypnobirthing adalah suatu istilah yang dipatenkan oleh Marie F Mongan sejak tahun 1989. Meski secara modern di AS metode hypnotherapy untuk melahirkan sudah dikenal sejak tahun 1950-an dengan istilah istilah lain yang menandung pemaknaan yang sama yaitu hypnobabies, hypnobirth, hypnosis for birthing, hypnosis for babybirth , hypnosis for child . Selain itu tokoh tokoh hypnotherapy di berbagai penjuru dunia sudah biasa membantu wanita hamil – menghipnosis supaya dalam masa kehamilan bisa selalu tenang, rileks dan jauh dari rasa sakit.
Di berbagai belahan dunia dikenal pula teknik tradisional melahirkan tanpa rasa sakit. Melahirkan adalah fungsi alami wanita. Melahirkan tanpa rasa sakit bukan hal baru. Para ibu di desa desa di Afrika sudah punya tradisi lama dalam melahirkan tanpa banyak keluhan. Ini sejalan dengan Asumsi yang mendasari hypnobirthing, bahwa persalinan itu adalah keadaan fisiologis (keadaan normal sehat ) bukan patologis (keadaan sakit) yang dialami oleh wanita.

0 komentar:

Posting Komentar