SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
Mata
Kuliah : Post Natal Nature
& Baby Treatment
Kode
Mata Kuliah : BD. 205
Beban/ Jumlah SKS :
1 SKS (teori)
Penempatan :
Semester I
Prasyarat :
-
Nama Dosen :
Tim Kurikulum
A.
TUJUAN MATA
KULIAH
Mahasiswa mampu melakukan pijat
bayi prematur
B.
KOMPETENSI
MATA KULIAH
1. Persiapan
pijat bayi prematur
2. Pemijatan
berdasarkan kelompok umur
3.
Gerakkan dasar pijat
bayi prematur
C.
INDIKATOR
CAPAIAN PEMBELAJARAN/ KOMPETENSI
Mata kuliah ini dicapai dengan
indikator
1.
Aspek Kognitive
Memahami pengertian pijat bayi, manfaat pijat bayi, waktu yang tepat untuk
pijat bayi, siapa
yang memijat.
2.
Aspek Proses
Mempresentasikan
ide, berargumentasi, menyempurnakan gagasan, bekerja keras dan sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dosen.
3.
Aspek Skill
-
4.
Aspek Sikap
Menunjukkan
sikap konsentrasi, sopan santun, terampil bertanggungjawab dan cerdas dalam mengikuti perkuliahan.
1.
Persiapan pijat
bayi
2.
Pemijatan
berdasarkan kelompok umur
3. Gerakkan dasar pijat bayi
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Student Centre Learning ( Berpusat pada mahasiswa)
Mempraktekkan Tentang
cara pemijatan
F. MATRIKS RPP
Materi Pokok
|
Kompetensi Dasar (TIU)
|
Indikator Kriteria Peniaian/ TIK
|
Aspek Kompetensi
|
Waktu (Menit)
|
Metode
|
Media
|
Evaluasi
|
Sumber Rujukan
|
|
A
|
P
|
||||||||
Tata Cara Pemijatan
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.Memahami persiapan pijat bayi
2.Menngetahui pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.Mempraktekkan gerakkan dasar pijat bayi
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat mempraktekkan:
1. Persiapan pijat bayi
2. Pemijatan
berdasarkan kelompok umur
3. Gerakkan
dasar pijat bayi
|
√
|
√
|
1 x 1,5 Jam
|
Diskusi dan Tanya jawab
|
Power Point
|
Tanya Jawab di akhir mata kuliah,
|
1. ACHNI,
2013
2. Perawatan
Pasca Bersalin Natural, Rierien Kartika Yuniati, 2013
|
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Ket
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Dosen
mengucapkan salam pembuka
2. Perkenalan diri dosen dan mahasiswa
3. Menjelaskan cakupan materi pada pertemuan ini
4. Menjelaskan
tujuan pemberian materi yang akan disampaikan
5. Melakukan
apersepsi berkaitan dengan materi yang akan disampaikan dan memberikan penguatan atas jawaban yang
disampaikan mahasiswa
6. Melakukan Relevansi antara materi pokok dengan profesi kebidanan
|
20 menit
|
|
2
|
Inti
|
1. Menjelaskan persiapan pijat bayi
2. Menjelaskan pemijatan berdasarkan kelompok umur
3. Mempraktekkan gerakkan dasar pijat bayi
4. Membagi kelompok
5. Mempraktekkan dengan kelompok yang sudah dibagi
a. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya
b. Memberikan jawaban pada pertanyaan mahasiswa
|
95 menit
|
|
3
|
Penutup
|
1. Mengevaluasi
mahasiswa dengan melakukan review
2. Menutup
perkuliahan dengan memberikan tugas kepada mahasiswa
3. Memberi informasi untuk materi yang akan datang
4. Memberikan
salam penutup
|
15 menit
|
|
H.
ALAT,
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.
Alat belajar
Laptop, lcd
2.
Media belajar
Power point
3.
Buku
Sumber
a. Amniati, D. 2013. Pijat dan senam untuk bayi dan
balita. Yogyakarta
b. Dariyo. 2007, Perkembangan dan pertumbuhan balita,
Liberty . Yogyakarta
c. Johnson Ruth, 2004. Buku Ajar Praktik Kebidanan. EGC,
Jakarta
d. Nursalam, Susilaningrum R, Utami S, 2005 Asuhan
Keperawatan bayi dan
e. Anak (untuk perawat dan bidan) Salemba Medika, Jakarta
f. Sutjiningsih, 2005. Tumbuh kembang anak. EGC, Jakarta
g. Roesli Utami, 2005. Pijat bayi, Edisi revisi, Trubus
Arriwidya, jakarta
I.
PENILAIAN
Bentuk : Tanya jawab
Alat : -
Instrument : -
J.
LAMPIRAN
1.
Silabus perkuliahan
2.
Bahan ajar perkuliahan
3.
Evaluasi
0 komentar:
Posting Komentar