RSS

Pages

SAP/ RPP terbaru Askeb Nifas



SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
Mata Kuliah                : Post Natal Nature & Baby Treatment
Kode Mata Kuliah      : BD. 205

Beban/ Jumlah SKS    : 1 SKS (teori)
Penempatan                 : Semester I
Prasyarat                     : -
Nama Dosen               : Tim Kurikulum
A.      TUJUAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu melakukan pijat bayi prematur
B.       KOMPETENSI MATA KULIAH
1.      Persiapan pijat bayi prematur
2.      Pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.      Gerakkan dasar pijat bayi prematur
C.      INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN/ KOMPETENSI
Mata kuliah ini dicapai dengan indikator
1.    Aspek Kognitive
Memahami pengertian pijat bayi, manfaat pijat bayi, waktu yang tepat untuk pijat bayi, siapa yang memijat.
2.    Aspek Proses
Mempresentasikan ide, berargumentasi, menyempurnakan gagasan, bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dosen.
3.    Aspek Skill
-
4.    Aspek Sikap
Menunjukkan sikap konsentrasi, sopan santun, terampil bertanggungjawab dan cerdas dalam mengikuti perkuliahan.
D.      MATERI POKOK
1.      Persiapan pijat bayi
2.      Pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.      Gerakkan dasar pijat bayi
E.       METODE PEMBELAJARAN
Student Centre Learning ( Berpusat pada mahasiswa)
Mempraktekkan Tentang cara pemijatan
F.       MATRIKS RPP


Materi Pokok
Kompetensi Dasar (TIU)
Indikator Kriteria Peniaian/ TIK
Aspek Kompetensi
Waktu (Menit)
Metode
Media
Evaluasi
Sumber Rujukan
A
P
Tata Cara Pemijatan
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.Memahami persiapan pijat bayi
2.Menngetahui pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.Mempraktekkan gerakkan dasar pijat bayi
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat mempraktekkan:
1.   Persiapan pijat bayi
2.   Pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.   Gerakkan dasar pijat bayi
1 x 1,5 Jam
Diskusi dan Tanya jawab
Power Point
Tanya Jawab di akhir mata kuliah,
1.      ACHNI, 2013
2.      Perawatan Pasca Bersalin Natural, Rierien Kartika Yuniati, 2013



G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Ket
1
Pendahuluan
1.      Dosen mengucapkan salam pembuka
2.      Perkenalan diri dosen dan mahasiswa
3.      Menjelaskan  cakupan materi pada pertemuan ini
4.      Menjelaskan tujuan pemberian materi yang akan disampaikan
5.      Melakukan apersepsi berkaitan dengan materi yang akan disampaikan dan memberikan penguatan atas jawaban yang disampaikan mahasiswa
6.      Melakukan Relevansi antara materi pokok dengan profesi kebidanan
20 menit

2
Inti
1.   Menjelaskan persiapan pijat bayi
2.   Menjelaskan pemijatan berdasarkan kelompok umur
3.   Mempraktekkan gerakkan dasar pijat bayi
4.   Membagi kelompok
5.   Mempraktekkan dengan kelompok yang sudah dibagi
a.    Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya
b.    Memberikan jawaban pada pertanyaan mahasiswa
95 menit

3
Penutup
1.      Mengevaluasi mahasiswa dengan melakukan review
2.      Menutup perkuliahan dengan memberikan tugas kepada mahasiswa
3.      Memberi  informasi untuk materi yang akan datang
4.      Memberikan salam  penutup
15 menit

H.      ALAT, MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.         Alat belajar
Laptop, lcd
2.         Media belajar
Power point
3.         Buku Sumber
a.    Amniati, D. 2013. Pijat dan senam untuk bayi dan balita. Yogyakarta
b.   Dariyo. 2007, Perkembangan dan pertumbuhan balita, Liberty . Yogyakarta
c.    Johnson Ruth, 2004. Buku Ajar Praktik Kebidanan. EGC, Jakarta
d.   Nursalam, Susilaningrum R, Utami S, 2005 Asuhan Keperawatan bayi dan
e.    Anak (untuk perawat dan bidan) Salemba Medika, Jakarta
f.    Sutjiningsih, 2005. Tumbuh kembang anak. EGC, Jakarta
g.   Roesli Utami, 2005. Pijat bayi, Edisi revisi, Trubus Arriwidya, jakarta
I.         PENILAIAN
Bentuk                 : Tanya jawab
Alat                      : -
Instrument            : -
J.        LAMPIRAN
1.         Silabus perkuliahan
2.         Bahan ajar perkuliahan
3.         Evaluasi

0 komentar:

Posting Komentar