RSS

Pages

SILABUS BLOK 5 KEHAMILAN



SILABUS BLOK 5  
   Penjabaran Modul dan Learning Unit      :

TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/ LU Ke
: 1
: 1
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: 3
: Proses Kehamilan
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
SkilLab I

200 menit
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan pada ibu hamil

Mahasiswa mampu melakukan konseling kebutuhan dasar ibu hamil normal
1.      Melakukan Penkes ibu hamil normal TM I :
a. Gizi/ Nutrisi
b. Imunisasi TT
c. Hubungan seks
d.Travelling
e. Pakaian
2.      Melakukan Penkes ibu hamil normal TM II : Tablet  FE
3.      Melakukan Penkes ibu hamil normal TM III: Persiapan Persalinan
Ceklist

1.      Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, ( 2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.      Saifudin,AbdulBari, dkk ( 2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.      MNH, Depkes, USAID, IBI ( 2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.      Pusdiknakes, WHO Jhpiego ( 2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
OSCE
TIM
SkilLab II
200 menit
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kebutuhan dasar ibu hamil
Senam Hamil
















TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: 2
: 2
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Asuhan Kehamilan
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Referensi
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
SkilLab III
200 menit
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kehamilan

Mahasiswa mampu melakukan anamnesa kunjungn awal pada ibu hamil
1.      Anamnesa Kunjungan Awal
2.      Anamnesa Kunjungan Ulang
3.      Menghitung usia kehamilan dan HPL
Cekhlist

1.      Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, ( 2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.      Saifudin,AbdulBari, dkk ( 2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.      MNH, Depkes, USAID, IBI ( 2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.      Pusdiknakes, WHO Jhpiego ( 2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
OSCE
TIM
Skil Lab IV
200 menit
Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan pada ibu hamil
Pemeriksaan Fisik:
1.      Leopold
2.      DJJ
3.      TFU
4.      UPD (untuk deteksi)

100 menit
Pemeriksaan Penunjang
1.      Darah
2.      Urine (Protein, Reduksi)
SkilLab V
400 menit
Mampu melakukan asuhan ibu hamil secara komprehensif (penalaran klinik dengan pasien)
1.      Pengkajian
2.      Diagnosis
3.      Perencanaan
4.      Pelaksanaan
5.      Evaluasi
6.      Dokumentasi


TAHUN AJARAN : 2014/2015

Modul
LBM/LU Ke
: 3
: 3
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: 3
: Kelainan dan Komplikasi yang menyertai kehamilan
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Referensi
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
SkilLab VI

200
menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling kelainan dalam kehamilan
Mahasiswa mampu melaksanakan konseling kelainan komplikasi ibu dan janin



1.    Kehamilan Awal :
a.  Perdarahan pervaginam
b.   Hipertensi gravidarum
c.  Nyeri perut bagian bawah
2.    Kehamilan Lanjut:
a.  Perdarahan pervaginam
b. Sakit kepala yang hebat
c.  Penglihatan kabur
d.   Bengkak diwajah dan jari jari tangan
e.    Keluar cairan pervaginam
f.    Gerakan janin tidak terasa
g.   Nyeri perut yang hebat
Cekhlist

1.      Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, ( 2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.      Saifudin,AbdulBari, dkk ( 2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.      MNH, Depkes, USAID, IBI ( 2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.      Pusdiknakes, WHO Jhpiego ( 2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan

OSCE
TIM



TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: 2
: 5
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Gangguan Kehamilan
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Referensi
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
SkilLab VII
200 menit
Mahasiswa mampu melaksanakan konseling gangguan kehamilan

Mahasiswa mampu melaksanakan konseling gangguan yang lazim timbul dalam kehamilan

Melakukan Penkes:
1.      Leukorea
2.      Emesis
3.      Hemoroid
4.      Konstipasi
5.      Sering Kencing
6.      Nyeri Punggung
7.      Kram
8.      Epulsi
9.      Odema
10.  Sesak Nafas
11.  Kulit
Cekhlist

1.      Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, ( 2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.      Saifudin,AbdulBari, dkk ( 2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.      MNH, Depkes, USAID, IBI ( 2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.      Pusdiknakes, WHO Jhpiego ( 2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
OSCE
TIM








TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Bersalin Fisologis
: 1
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: 3
: Asuhan Persalinan Kala I
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Referensi
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
SkilLab VIII





200 menit
Mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu  bersalin fisiologis



Mahasiswa mampu melaksanankan asuhan kebidanan pada Ibu Bersalin
Melakukan Anamnesa Ibu Bersalin
 Cekhlist

a.       Buku Acuan Nasional, Saefudin Abdul Bari, 2001
b.      Kebidanan dan Peny. Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Manuaba, DSOg, 2002
c.       Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2008, Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan
d.      Ilmu Kebidanan dan Kandungan, Sarwono Prawiroharjo, 2010
e.       Saifudin Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2000
OSCE
TIM
Skil Lab IX
100 menit
Mampu Melakukan Pemeriksaan Fisik:
1.      Osborn Test
2.      Pemeriksaan His
3.      VT
Skil Lab X
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan asuhan Kala I
Mahasiswa mampu :
1.      Pengawasan 10
2.      Pengurangan rasa sakit








TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Bersalin Fisiologis
: 2
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Asuhan Persalinan Kala II, III dan V
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
SkilLab XI
100
menit
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu  bersalin fisiologis

Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala II
Mahasiswa Mampu Mekakukan:
1.     Posisi Meneran
2.     Amniotomi
3.     Melahirkan Bayi (pemantauan janin sebelum lahir dan saat bayi lahir)
Cekhlist

a.  Buku Acuan Nasional, Saefudin Abdul Bari, 2001
b.  Kebidanan dan Peny. Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Manuaba, DSOg, 2002
c.  Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2008, Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan
d. Ilmu Kebidanan dan Kandungan, Sarwono Prawiroharjo, 2010
e.  Saifudin Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2000
OSCE
TIM
Skil Lab XII
100 menit
Mahasiswa Mampu Melaksanakan Asuhan Kala III
Mahasiswa Mampu melakukan :
1.    MAK III
2.    Cek Kelengkapan Placenta, Robekan dan Masasse
SkilLab XIII
200
menit
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan kala IV
Mahasiswa Mampu Melakukan :
1. Anestesi lokal, prinsip penjahitan perineum
2. Penjahitan episiotomi/laserasi Perineum
3. Observasi jumlah perdarahan
4. Melengkapi Partograf
Skil Lab XIV
400
menit
Mahasiswa Mampu Melakukan Asuhan Persalinan secara APN
1.      Menolong persalinan APN 58 langkah
2.      Partograf













TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Bersalin Fisiologis
: 3
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Asuhan Kebidanan pada BBL
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
SkilLab XV
50 menit
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada Bayi Baru Lahir fisiologis

Mahasiswa mampu melakukan penilaian bayi baru lahir
Penilaian APGAR
Ceklist

Dr. Hanafi Hartanto. 2002. KB dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan

Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. 2010. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta
OSCE
TIM
SkilLab XVI
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan resusitasi awal pada BBL
Resusitasi awal bayi baru lahir

TIM
SkilLab XVII
50 menit
Mahasiswa mampu melakukan asuhan Bayi Baru Lahir
1.      Jepit, Potong, Ikat Tali Pusat
2.      IMD
3.      Penilaian BBL (Antropometri)

















TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Bersalin Patologis
: 4
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Asuhan Kebidanan pada Penyulit dan Komplikasi
Metode Pembelajaran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
Skil Lab XVIII
100 menit
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada penyulit dan komplikasi Persalinan

Mahasiswa mampu melakukan persalinan sungsang
Metode persalinan sungsang spontan bracht
Ceklist

Dr. Hanafi Hartanto. 2002. KB dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan

Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. 2010. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta
OSCE
TIM
Skil Lab XIX
100 menit
Manual aid:
1.      Klasik mauriceau
2.      Muller mauriceau
3.      Lovset mauriceau
Skil Lab XX
200 menit
Mahasiswa mampu melaksanankan asuhan penyulit Persalinan kala III dan IV

Mampu menyiapkan penanganan awal :
1.      KBI/KBE
2.      Manual Placenta
3.      Mc Robert
4.      Persiapan :
a.       Vakum
b.      SC
c.       Kuretase
5.      Tes Air Ketuban

















TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Nifas Fisiologi
: 1
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Nifas Fisiologi
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
SkilLab XXI
200 menit
Mahasiswa Mampu Melakukan Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas Normal
Mahasiswa mampu melakukan konseling kebutuhan dasar ibu masa nifas

1         Nutrisi dan cairan
2         Ambulasi
3         Eliminasi :BAK/BAB
4         Mobilisasi dini
Cekhlist
Saifudin, A.B. et al (2000) Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan, Jakarta

Varney, 2004, asuhan kebidanan

Rustam Muchtar, Sinopsis Obsetetri, 2012

Ilmu Kebidanan, YBP Sarwono

William Obsetri
OSCE
TIM
Skil Lab XXII
100 menit
Senam Nifas



SkilLab XXIII
100 menit

Mahasiswa mampu melakukan anamnesa kunjungan awal dan ulang
1.      Pengkajian data
2.      Diagnosa kebidanan, masalah, diagnosa potencial dan kebutuhan
3.      Perencanaan
4.      Pelaksanaan
5.      Evaluasi



Skil Lab XXIV
100 menit

Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan pada ibu nifas
Pemeriksaan Fisik Ibu Nifas:
1.      Payudara
2.      Abdomen
3.      Genetalia





















TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Nifas Fisiologi
: 2
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Menyusui
Metode Pembelaja-ran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
SkilLab XXV
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling proses laktasi dan menyusui
Mahasiswa mampu melakukan konseling laktasi dan menyusui
ASI Eklsklusif

Ceklist

Manajemen laktasi

Konseling menyusui

Maternal neonatal

Petunjuk pemberian ASI bagi tenaga kesehatan

Indonesia menyusui




KMK 450,
KMK 33 th 2012

OSCE
TIM

SkilLab XXVI
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling upaya untuk memperbanyak ASI
1.      Tekhnik Menyusui
2.      Pijat oksitosin
3.      Tekhnik Z
Skil LaB XXVII
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling masalah dalam pemberian ASI pada bayi
1.      Bayi Tunggal
2.      Bayi Kembar
SkilLab XXVIII
200 menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling masalah dalam pemberian ASI pada ibu
1.  putting susu lecet
2.  putting susu terbenam/rata
3.  payudara bengkak
4.  mastitis dan abces payudara
Skil Lab XXIX
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan konseling pemberian ASI pada ibu yang bekerja dan pada keadaan khusus
Relaktasi















TAHUN AJARAN : 2014/2015
Modul
LBM/LU Ke
: Nifas Patologis
: 3
Semester
Topik/Pokok Bahasan
: III
: Nifas Patologis
Metode Pembelajaran
KOMPONEN
Waktu (Menit)
Tujuan Pembelajan Umum
Tujuan Pembelajaran Khusus
Sub Pokok Bahasan
Media
Daftar Pustaka
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
Kontributor (Bagian)/Pemateri
SkilLab XXX
100 menit
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan ibu nifas patologis
Mahasiswa mampu melakukan konseling deteksi dini padamasa nifas
1.  Perdarahan per vagina
2.  Infeksi masa nifas
3.  Sakit kepala, nyeri epigastrik, penglihatan kabur
4.  Pembengkakan di wajah dan ekstrimitas
5.  Demam, muntah, rasa sakit waktu berkemih
6.  Payudara yang berubah menjadi merah, panas, dan/ atau terasa sakit
7.  Kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama
8.  Rasa sakit, merah, lunak dan/ atau pembengkakan di kaki
9.  Merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
Cekhlist
1      Depkes, 2007, Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Yayasan Bina Pustaka, Jakarta.
1.       
2      Depkes RI, 2001, Buku Standar Pelayanan Kebidanan, Jakarta dan Buku kumpulan dari IBI

3      Kegawatdaruratan obstetric


4      Ilmu kebidanan


5      Asuhan kebidanan Varney

Obstetry Wiliam
OSCE
TIM

0 komentar:

Posting Komentar