SILABUS BLOK 5
Penjabaran Modul dan
Learning Unit :
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
|||||||||
Modul
LBM/
LU Ke
|
: 1
: 1
|
Semester
Topik/Pokok
Bahasan
|
: 3
: Proses
Kehamilan
|
||||||
Metode
Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan
Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran
Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
|
||
SkilLab I
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kebidanan pada ibu
hamil
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling kebutuhan dasar ibu
hamil normal
|
1.
Melakukan Penkes ibu hamil
normal TM I :
a.
Gizi/ Nutrisi
b.
Imunisasi TT
c.
Hubungan seks
d.Travelling
e.
Pakaian
2.
Melakukan Penkes ibu hamil
normal TM II :
Tablet FE
3.
Melakukan Penkes ibu hamil
normal TM III:
Persiapan Persalinan
|
Ceklist
|
1.
Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, (
2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.
Saifudin,AbdulBari, dkk (
2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.
MNH, Depkes, USAID, IBI (
2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.
Pusdiknakes, WHO Jhpiego (
2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
|
OSCE
|
TIM
|
|
SkilLab II
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu mendemonstrasikan kebutuhan dasar ibu
hamil
|
Senam Hamil
|
|
|||||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||
Modul
LBM/LU
Ke
|
: 2
:
2
|
Semester
Topik/Pokok
Bahasan
|
:
III
: Asuhan
Kehamilan
|
|||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan
Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran
Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Referensi
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor
(Bagian)/Pemateri
|
|
SkilLab III
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan kehamilan
|
Mahasiswa mampu
melakukan anamnesa kunjungn awal pada ibu hamil
|
1.
Anamnesa Kunjungan Awal
2.
Anamnesa Kunjungan Ulang
3.
Menghitung usia kehamilan dan
HPL
|
Cekhlist
|
1.
Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, (
2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.
Saifudin,AbdulBari, dkk (
2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.
MNH, Depkes, USAID, IBI (
2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.
Pusdiknakes, WHO Jhpiego (
2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
|
OSCE
|
TIM
|
Skil Lab IV
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu
melakukan pemeriksaan pada ibu hamil
|
Pemeriksaan Fisik:
1.
Leopold
2.
DJJ
3.
TFU
4.
UPD (untuk deteksi)
|
|||||
|
100 menit
|
Pemeriksaan Penunjang
1.
Darah
2.
Urine (Protein, Reduksi)
|
||||||
SkilLab V
|
400 menit
|
Mampu
melakukan asuhan ibu hamil secara komprehensif (penalaran klinik dengan
pasien)
|
1.
Pengkajian
2.
Diagnosis
3.
Perencanaan
4.
Pelaksanaan
5.
Evaluasi
6.
Dokumentasi
|
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||
Modul
LBM/LU
Ke
|
: 3
: 3
|
Semester
Topik/Pokok
Bahasan
|
: 3
: Kelainan
dan Komplikasi yang menyertai kehamilan
|
|||||
Metode
Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||
Waktu
(Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan
Pembelajaran Khusus
|
Sub
Pokok Bahasan
|
Media
|
Referensi
|
Evaluasi
Mid/
Akhir/ OSCE
|
Kontributor
(Bagian)/Pemateri
|
|
SkilLab VI
|
200
menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling kelainan dalam kehamilan
|
Mahasiswa mampu melaksanakan konseling kelainan komplikasi
ibu dan janin
|
1.
Kehamilan
Awal :
a.
Perdarahan pervaginam
b.
Hipertensi gravidarum
c.
Nyeri perut bagian bawah
2. Kehamilan Lanjut:
a.
Perdarahan pervaginam
b.
Sakit kepala yang hebat
c.
Penglihatan kabur
d. Bengkak diwajah dan jari jari tangan
e.
Keluar cairan pervaginam
f.
Gerakan janin tidak terasa
g.
Nyeri perut yang hebat
|
Cekhlist
|
1.
Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, (
2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.
Saifudin,AbdulBari, dkk (
2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.
MNH, Depkes, USAID, IBI (
2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.
Pusdiknakes, WHO Jhpiego (
2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
|
OSCE
|
TIM
|
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||
Modul
LBM/LU
Ke
|
: 2
: 5
|
Semester
Topik/Pokok
Bahasan
|
:
III
: Gangguan
Kehamilan
|
|||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan
Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran
Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Referensi
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor
(Bagian)/Pemateri
|
|
SkilLab VII
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu melaksanakan konseling gangguan
kehamilan
|
Mahasiswa mampu
melaksanakan konseling gangguan
yang lazim timbul dalam kehamilan
|
Melakukan Penkes:
1.
Leukorea
2.
Emesis
3.
Hemoroid
4.
Konstipasi
5.
Sering Kencing
6.
Nyeri Punggung
7.
Kram
8.
Epulsi
9.
Odema
10. Sesak Nafas
11. Kulit
|
Cekhlist
|
1.
Pusdiknakes; WHO; JHPIEGO, (
2001 ),Buku Asuhan Antenatal, ( BU 3 )
2.
Saifudin,AbdulBari, dkk (
2002 ), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, ( BA. 1)
3.
MNH, Depkes, USAID, IBI (
2002 ) Komunikasiefektif ( BA.7 )
4.
Pusdiknakes, WHO Jhpiego (
2001 ), Konsep Asuhan Kebidanan
|
OSCE
|
TIM
|
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||
Modul
LBM/LU
Ke
|
: Bersalin
Fisologis
: 1
|
Semester
Topik/Pokok
Bahasan
|
: 3
: Asuhan Persalinan Kala I
|
|||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan
Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran
Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Referensi
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
|
|
SkilLab VIII
|
200 menit
|
Mampu melaksanakan
asuhan kebidanan pada ibu bersalin
fisiologis
|
Mahasiswa mampu melaksanankan asuhan kebidanan pada Ibu
Bersalin
|
Melakukan Anamnesa Ibu Bersalin
|
Cekhlist
|
a. Buku Acuan Nasional, Saefudin
Abdul Bari, 2001
b. Kebidanan dan Peny. Kandungan dan
Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Manuaba,
DSOg, 2002
c. Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2008,
Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan
d. Ilmu Kebidanan dan Kandungan,
Sarwono Prawiroharjo, 2010
e. Saifudin Buku Acuan Nasional
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2000
|
OSCE
|
TIM
|
Skil Lab IX
|
100 menit
|
Mampu Melakukan Pemeriksaan Fisik:
1. Osborn Test
2. Pemeriksaan His
3. VT
|
||||||
Skil Lab X
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan Kala I
|
Mahasiswa mampu :
1. Pengawasan 10
2. Pengurangan rasa sakit
|
|
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Bersalin Fisiologis
: 2
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Asuhan Persalinan Kala II, III dan V
|
|||||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/Pemateri
|
|||
SkilLab XI
|
100
menit
|
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada
ibu bersalin fisiologis
|
Mahasiswa mampu
melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu bersalin kala II
|
Mahasiswa Mampu Mekakukan:
1.
Posisi Meneran
2.
Amniotomi
3.
Melahirkan Bayi (pemantauan
janin sebelum lahir dan saat bayi lahir)
|
Cekhlist
|
a. Buku Acuan Nasional, Saefudin
Abdul Bari, 2001
b. Kebidanan dan Peny. Kandungan dan
Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Manuaba,
DSOg, 2002
c. Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2008,
Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan
d. Ilmu Kebidanan dan Kandungan,
Sarwono Prawiroharjo, 2010
e. Saifudin Buku Acuan Nasional
Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2000
|
OSCE
|
TIM
|
||
Skil Lab XII
|
100 menit
|
Mahasiswa Mampu Melaksanakan
Asuhan Kala III
|
Mahasiswa Mampu melakukan :
1.
MAK III
2.
Cek Kelengkapan Placenta,
Robekan dan Masasse
|
|||||||
SkilLab XIII
|
200
menit
|
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan
kala IV
|
Mahasiswa Mampu Melakukan :
1.
Anestesi lokal, prinsip
penjahitan perineum
2.
Penjahitan
episiotomi/laserasi Perineum
3.
Observasi jumlah perdarahan
4.
Melengkapi Partograf
|
|||||||
Skil Lab XIV
|
400
menit
|
Mahasiswa Mampu Melakukan Asuhan
Persalinan secara APN
|
1.
Menolong persalinan APN 58
langkah
2.
Partograf
|
|||||||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Bersalin Fisiologis
: 3
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Asuhan Kebidanan pada BBL
|
|||||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
|
|||
SkilLab XV
|
50 menit
|
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan kebidanan pada
Bayi Baru Lahir
fisiologis
|
Mahasiswa mampu melakukan penilaian bayi baru
lahir
|
Penilaian APGAR
|
Ceklist
|
Dr. Hanafi Hartanto. 2002. KB dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan
Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. 2010. Yayasan Bina Pustaka
Sarwono Prawirohardjo. Jakarta
|
OSCE
|
TIM
|
||
SkilLab XVI
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan resusitasi awal pada
BBL
|
Resusitasi awal
bayi baru lahir
|
TIM
|
||||||
SkilLab XVII
|
50 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan Bayi Baru Lahir
|
1.
Jepit, Potong, Ikat Tali
Pusat
2.
IMD
3.
Penilaian BBL (Antropometri)
|
|
||||||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Bersalin Patologis
: 4
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Asuhan Kebidanan pada Penyulit dan Komplikasi
|
|||||||
Metode Pembelajaran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/Pemateri
|
|||
Skil Lab XVIII
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melaksanakan asuhan
kebidanan pada penyulit dan komplikasi Persalinan
|
Mahasiswa mampu melakukan persalinan sungsang
|
Metode persalinan sungsang spontan bracht
|
Ceklist
|
Dr. Hanafi Hartanto. 2002. KB dan Kontrasepsi. Pustaka Sinar Harapan
Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. 2010. Yayasan Bina Pustaka
Sarwono Prawirohardjo. Jakarta
|
OSCE
|
TIM
|
||
Skil Lab XIX
|
100 menit
|
Manual aid:
1. Klasik mauriceau
2. Muller mauriceau
3. Lovset mauriceau
|
||||||||
Skil Lab XX
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu melaksanankan asuhan penyulit
Persalinan kala III dan IV
|
Mampu menyiapkan
penanganan awal :
1. KBI/KBE
2. Manual Placenta
3. Mc Robert
4. Persiapan :
a. Vakum
b. SC
c. Kuretase
5. Tes Air Ketuban
|
|||||||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Nifas Fisiologi
: 1
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Nifas Fisiologi
|
|||||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
|
|||
SkilLab XXI
|
200 menit
|
Mahasiswa Mampu Melakukan Asuhan
Kebidanan Pada Ibu Nifas Normal
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling kebutuhan dasar ibu masa nifas
|
1
Nutrisi dan cairan
2
Ambulasi
3
Eliminasi :BAK/BAB
4
Mobilisasi dini
|
Cekhlist
|
Saifudin,
A.B. et al (2000) Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan, Jakarta
Varney, 2004, asuhan kebidanan
Rustam Muchtar, Sinopsis Obsetetri, 2012
Ilmu Kebidanan, YBP Sarwono
William Obsetri
|
OSCE
|
TIM
|
||
Skil Lab XXII
|
100 menit
|
Senam Nifas
|
|
|
|
|||||
SkilLab XXIII
|
100 menit
|
|
Mahasiswa mampu melakukan anamnesa kunjungan
awal dan ulang
|
1. Pengkajian data
2. Diagnosa kebidanan, masalah, diagnosa potencial dan
kebutuhan
3. Perencanaan
4. Pelaksanaan
5.
Evaluasi
|
|
|
|
|||
Skil Lab XXIV
|
100 menit
|
|
Mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan pada ibu
nifas
|
Pemeriksaan Fisik Ibu Nifas:
1. Payudara
2. Abdomen
3. Genetalia
|
|
|
|
|||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Nifas Fisiologi
: 2
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Menyusui
|
|||||||
Metode Pembelaja-ran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/ Pemateri
|
|||
SkilLab XXV
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling
proses laktasi dan menyusui
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling laktasi dan menyusui
|
ASI Eklsklusif
|
Ceklist
|
Manajemen
laktasi
Konseling
menyusui
Maternal
neonatal
Petunjuk
pemberian ASI bagi tenaga kesehatan
Indonesia
menyusui
KMK 450,
KMK 33 th
2012
|
OSCE
|
TIM
|
||
SkilLab XXVI
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling upaya untuk memperbanyak ASI
|
1.
Tekhnik Menyusui
2.
Pijat oksitosin
3.
Tekhnik Z
|
|||||||
Skil LaB XXVII
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling masalah dalam pemberian ASI pada bayi
|
1.
Bayi Tunggal
2.
Bayi Kembar
|
|||||||
SkilLab XXVIII
|
200 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling masalah
dalam pemberian ASI pada ibu
|
1.
putting susu lecet
2.
putting susu terbenam/rata
3.
payudara bengkak
4. mastitis dan abces payudara
|
|||||||
Skil Lab XXIX
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling pemberian
ASI pada ibu yang bekerja dan pada keadaan khusus
|
Relaktasi
|
|||||||
TAHUN
AJARAN : 2014/2015
|
||||||||||
Modul
LBM/LU Ke
|
: Nifas Patologis
: 3
|
Semester
Topik/Pokok Bahasan
|
: III
: Nifas Patologis
|
|||||||
Metode Pembelajaran
|
KOMPONEN
|
|||||||||
Waktu (Menit)
|
Tujuan Pembelajan Umum
|
Tujuan Pembelajaran Khusus
|
Sub Pokok Bahasan
|
Media
|
Daftar Pustaka
|
Evaluasi
Mid/ Akhir/ OSCE
|
Kontributor (Bagian)/Pemateri
|
|||
SkilLab XXX
|
100 menit
|
Mahasiswa mampu melakukan asuhan
kebidanan ibu nifas patologis
|
Mahasiswa mampu melakukan konseling deteksi dini padamasa nifas
|
1.
Perdarahan per vagina
2.
Infeksi masa nifas
3.
Sakit kepala, nyeri
epigastrik, penglihatan kabur
4.
Pembengkakan di wajah dan
ekstrimitas
5.
Demam, muntah, rasa sakit
waktu berkemih
6.
Payudara yang berubah menjadi
merah, panas, dan/ atau terasa sakit
7.
Kehilangan nafsu makan dalam
waktu yang lama
8.
Rasa sakit, merah, lunak dan/
atau pembengkakan di kaki
9. Merasa sedih atau tidak mampu mengasuh sendiri bayinya dan diri sendiri
|
Cekhlist
|
1
Depkes, 2007,
Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Yayasan Bina Pustaka, Jakarta.
1.
2
Depkes RI, 2001,
Buku Standar Pelayanan Kebidanan, Jakarta dan Buku
kumpulan dari IBI
3
Kegawatdaruratan obstetric
4
Ilmu kebidanan
5
Asuhan kebidanan Varney
Obstetry Wiliam
|
OSCE
|
TIM
|
0 komentar:
Posting Komentar